Langsung ke konten utama

Media Penerbit Indonesia – Sumber Redaksi.

Published on October 12, 2012 at #Harian Terbit
Ada puluhan koran dan majalah di Indonesia yang dapat memuat karya penulis seperti cerpen dan puisi setiap episodnya. Namun yang harus penulis catat adalah; cermati visi dan misi redaksi yang menjadi target seperti apa yang biasa dimuat majalah atau koran tertentu.
Dari sini #TerbitMedia berbagi link agar karya penulis bermanfaat untuk publik dan bisa menjadi ladang penghasilan bagi penulis tentunya. Nah, bagi penulis yang naskahnya “terkutuk galau” karena ditolaknya oleh penerbit mayor, adakalanya dimuat di majalah atau koran Nasional, cukup bergengsi bukan?
Berikut ini kami haturkan alamat lengkap, email redaksi, nomor telp, dan ketentuan dari majalah, koran, jurnal, tabloid, dan sejenisnya yang menerima kiriman karya penulis berupa cerpen, puisi, ataupun opini dan gagasan. Bagi penulis yang mengetahui informasi terkini terkait profil redaksi serta honor pemuatan karya mohon bantuannya dengan cara mengirim pada redaksi #tm agar segera di update kembali.
1. Redaksi Kompas.
Email: opini@kompas.co.id atau opini@kompas.com
Ada konfirmasi pemuatan cerpen/puisi dari redaksi via email. Honor cerpen Rp. 1.100.000,- (tanpa dipotong pajak), honor puisi Rp. 500.000,- (tanpa dipotong pajak), seminggu setelah pemuatan, honor sudah ditransfer ke rekening penulis.
2. Redaksi Republika.
Email: sekretariat@republika.co.id atau aliredov@yahoo.com
Tidak ada pemberitahuan dari redaksi Republika terkait pemuatan cerpen. Sudah lama tidak memuat puisi. Honor cerpen Rp. 400.000,- (dipotong pajak), tetapi, pengalaman beberapa rekan penulis yang sudah diterima, harus sabar menagih ke redaksi beberapa kali agar segera cair.
3. Redaksi Tempo.
Email: ktminggu@tempo.co.id
Penggawa di Redaksi bagian cerpen/puisi ini sering ditangani Pak Nirwan Dewanto, menghubungi penulis via telp/sms terkait pemuatan cepen/puisi jika penulis mencantumkan nomer hp di email pengiriman. Honor cerpen tergantung panjang pendek cerita, biasanya Rp. 700.000,- honor puisi Rp. 600.000,- ditransfer seminggu setelah pemuatan.
4. Redaksi Jawa Pos.
Email: sastra@jawapos.co.id
Jawa Pos menerima karya-karya pembaca berupa cerpen, puisi, sajak, gagasan, dan opini. Cerpen bertema bebas dengan gaya penceritaan bebas pula. Panjang cerpen adalah sekitar 10.000 karakter. Honor cerpen Rp. 900.000,- (dipotong pajak), honor puisi Rp. 500.000,- ditransfer seminggu setelah karya dimuat.
5. Redaksi Suara Merdeka.
Email: swarasastra@gmail.com
Kirimkan cerpen, puisi, esai sastra, biodata, dan foto close up Penulis. Cerpen maksimal 9.000 karakter termasuk spasi. Honor cerpen Rp. 350.000,- (dipotong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa dipotong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen. Bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Penulis (jika ada).
6. Redaksi Suara Pembaruan.
Email: koransp@suarapembaruan.com
Honor cerpen Rp. 400.000,- (potong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
7. Redaksi Suara Karya.
Email: redaksi@suarakarya-online.com atau amiherman@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 150.000,- (tanpa dipotong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
8. Redaksi Jurnal Nasional.
Email: tamba@jurnas.com atau witalestari@jurnas.com
Honor cerpen Rp. 400.000,- (dipotong pajak), hubungi redaksi viaemail/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
9. Redaksi Seputar Indonesia.
Email: redaksi@seputar-indonesia.com atau donatus@seputar-indonesia.com
Tidak setiap hari minggu memuat cerpen. Honor cerpen Rp. 400.000,- (dipotong pajak), honor puisi Rp. 190.000,- (tanpa dipotong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
10. Redaksi Pikiran Rakyat.
Email: khazanah@pikiran-rakyat.com, ahda05@yahoo.com
Cerpen tayang setiap dua minggu sekali. Honor cerpen Rp. 350.000,- (tanpa dipotong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
11. Redaksi Tribun Jabar.
Email: cerpen@tribunjabar.co.id atau hermawan_aksan@yahoo.com
Selain ada cerpen berbahasa Indonesia setiap Minggu, juga ada cerpen bahasa Sunda setiap hari Kamis bersambung Jumat. Honor cerpen Rp. 200.000,- (tanpa dipotong pajak), hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
12. Redaksi Kedaulatan Rakyat.
Email: redaksi@kr.co.id, jayadikastari@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 400.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
13. Redaksi Harian Joglo Semar.
Email: harianjoglosemar@gmail.com
Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Yogyakarta.
14. Redaksi Minggu Pagi.
Email: we_rock_we_rock@yahoo.co.id
Terbit seminggu sekali setiap Jumat. Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Yogyakarta
15. Redaksi Surabaya Post.
Email: redaksi@surabayapost.info atau surabaya_news@yahoo.com atau zahira@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 150.000,- (dipotong pajak) hubungi redaksi viaemail/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Surabaya.
16. Redaksi Radar Surabaya.
Email: radarsurabaya@yahoo.com atau diptareza@yahoo.co.id
Honor cerpen Rp. 200.000,- (dipotong pajak) hubungi redaksi viaemail/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Surabaya.
17. Redaksi Lampung Post.
Email: lampostminggu@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 200.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau minta tolong teman yang ada di Lampung untuk mengambilkan ke kantor redaksi di Lampung.
18. Redaksi Berita Pagi.
Email: huberitapagi@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Palembang.
19. Redaksi Sumatera Ekspres.
Email: citrabudaya_sumeks@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Palembang.
20. Redaksi Padang Ekspres.
Email: yusrizal_kw@yahoo.com atau cerpen_puisi@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- s/d Rp. 125.000,- honor puisi Rp. 75.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, bisa diambil langsung, atau minta tolong teman mengambilkan honor ke kantor redaksi di Padang.
21. Redaksi Haluan.
Email: nasrulazwar@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 150.000,- honor puisi Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Padang.
22. Redaksi Singgalang.
Email: hariansinggalang@yahoo.co.id atau a2rizal@yahoo.co.id
Honor cerpen Rp. 50.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Padang.
23. Redaksi Riau Pos.
Email: budaya_ripos@yahoo.com, habeka33@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Riau.
24. Redaksi Sumut Pos.
Email: redaksi@hariansumutpos.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
25. Redaksi Global.
Email: tejapurnama@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Medan.
26. Redaksi Analisa.
Email: rajabatak@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi di Medan.
27. Redaksi Sinar Harapan.
Email: redaksi@sinarharapan.co.id, blackpoems@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 100.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
28. Redaksi Jurnal Cerpen Indonesia.
Email: jurnalcerpen@yahoo.com atau jurnalcerita@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 250.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
29. Redaksi Majalah Horison.
Email: horisoncerpen@gmail.com atau horisonpuisi@gmail.com
Honor cerpen Rp. 350.000,- honor puisi tergantung berapa jumlah puisi yang dimuat, biasanya dikirimi majalahnya sebagai bukti terbit. Hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi, dan kadang honor dikirim via wesel jika tidak ada nomer rekening.
30. Redaksi Majalah Esquire.
Email: cerpen@esquire.co.id
Honor cerpen Rp. 1.000.000,- (potong pajak), hubungi redaksi viaemail/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi
31. Redaksi Majalah Sabili.
Email: elkasabili@yahoo.co.id
Honor cerpen Rp. 200.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
32. Redaksi Majalah Suara Muhammadiyah.
Email: redaksism@gmail.com
Honor cerpen Rp. 150.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.
33. Redaksi Majalah Ummi.
Email: kru_ummi@yahoo.com
Tema cerpen seputar keluarga dan rumah tangga. Honor cerpen Rp. 250.000,- ditransfer paling telat satu bulan setelah pemuatan.
34. Redaksi Majalah Kartini.
Email: redaksi_kartini@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 350.000,- dua minggu setelah pemuatan honor ditransfer ke rekening penulis.
35. Redaksi Majalah Alia.
Email: majalah_alia@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 300.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi
35. Redaksi Majalah Femina.
Email: kontak@femina-online.com, kontak@femina.co.id
37. Redaksi Majalah Story.
Email: story_magazine@yahoo.com
Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Konfirmasi pemuatan cerpen via telepon dari redaksi Story. Antrian pemuatan panjang, bisa 6 bulan sampai setahun. Honor cerpen Rp. 250.000,- maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer ke rekening penulis.
38. Redaksi Majalah Annida-online.
Email: majalah_annida@yahoo.com
Konfirmasi pemuatan cerpen via email redaksi. Honor cerpen Rp. 50.000,- honor epik (cerita kepahlawanan) Rp. 100.00,- maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer ke rekening penulis.
39. Redaksi Majalah Bobo.
Email: bobonet@gramedia-majalah.com
Honor cerpen Rp. 250.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi
40. Redaksi Tabloid Nova.
Email: nova@gramedia-majalah.com
Honor cerpen Rp. 400.000,- hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi
41. Redaksi Majalah KaWanku.
Email: cerpenkawanku@gmail.com
Cerpen remaja, maks. 8 halaman A4, ketik 2 spasi, TNR 12. Terbit tiap hari Rabu, dua minggu sekali. Jika dalam waktu 3 bulan tidak dimuat, berarti cerpen tak layak muat.
42. Redaksi Majalah Aneka Yess!.
Email: aneka@indosat.net.id atau yess_pals@yahoo.com
Syarat naskah cerpen: Cerpen remaja, Maks. 7 halaman folio, ketik 2 spasi. Sertakan surat pernyataan keaslian karya. Kirim dengan subjek FIKSI. Terbit tiap hari Rabu, dua minggu sekali. Jika dalam waktu 3 bulan tidakdimuat, berarti cerpen tak layak muat.
43. Redaksi Majalah Gadis.
Email: Redaksi.gadis@feminagroup.com
Syarat naskah cerpen: Cerpen remaja, 6-7 halaman folio, ketik 2 spasi. Percikan (Cerpen Mini), cerpen remaja, maks. 2 hal polio dan ketik 2 spasi. Terbit sepuluh hari sekali.
44. Redaksi Majalah Hai!.
Email: hai_magazine@gramedia-majalah.com atau de2ayu@yahoo.com
Cerpen remaja cowok, 6000-12000 karakter+spasi, ketik 2 spasi, kertas folio/A4 dalam format rtf. Kirim via e-mail dengan subjek CERPEN. Terbit tiap Senin.
45. Redaksi Majalah Story.
Email: story_magazine@yahoo.com
Majalah remaja. Syarat naskah cerpen: Cerpen remaja romance/sci-fi/horor/humor, 10.000-14.000 karakter+spasi, ketik 2 spasi, kertasfolio. Lampirkan fotomu yang paling keren. Kirim via e-mail dengan subjek CERPEN ROMANCE/HOROR/HUMOR/SCI-FI tergantung jenis cerita. Terbit tiap tanggal 25.
46. Redaksi Majalah Chic.
Email: chicstory@gramedia-majalah.com atau chic_magazine@gramedia-majalah.com
Majalah wanita karir. Syarat naskah cerpen: Cerpen metro-pop, maks. 6 – 8 halaman folio, ketik 2 spasi. Atau Maks. 8 halaman A4. Kirim dengan subjek CERPEN/STORY. Terbit tiap hari Rabu, dua minggu sekali.
47. Redaksi Majalah Femina.
Email: redaksi@feminagroup.com
Majalah wanita dewasa. Syarat naskah cerpen: 6 – 8 halaman kuarto, ketik 2 spasi, huruf Arial 12. Kirim dengan subjek CERPEN.Terbit 2 Minggu sekali
48. Redaksi Majalah Kartika.
Email: majalahkartika@yahoo.com
Majalah wanita masa kini. Syarat naskah cerpen: 4 – 8 halaman A4, ketik 2 spasi, huruf TNR 12. Kirim dengan subjek CERPEN. Terbit 2 Minggu sekali
49. Redaksi Majalah Kartini.
Email: redaksi_kartini@yahoo.com
Majalah wanita dewasa. Syarat naskah cerpen: 4 – 8 halaman A4, ketik 2 spasi, huruf TNR 12. Kirim dengan subjek CERPEN. Terbit 2 Minggu sekali
50. Redaksi Majalah Ummi.
Email: kru_ummi@yahoo.com,,,,,
Majalah dewasa/keluarga islami. Syarat naskah cerpen: maks. 8 halaman folio, ketik 2 spasi, huruf TNR 12. Sertakan fotokopi identitas. Kirim dengan subjek CERPEN. Terbit 2 Minggu sekali.
51. Redaksi Majalah Sastra Horison.
Email: horisonpuisi@gmail.com (untuk pengiriman naskah puisi), horisoncerpen@gmail.com (untuk pengiriman naskah cerpen), horisonesai@gmail.com (untuk pengiriman naskah esai), horisonkakilangit@gmail.com (untuk pengiriman naskah khusus siswa/pelajar), horisonsurat@gmail.com (untuk surat penyurat dan berlangganan)
52. Redaksi Tabloid Gaul.
Email: tabloid.gaul@yahoo.co.id
Syarat cerpen: cerpen teenlit, maks. 8 hal. Folio, ketik 1,5 spasi, sekitar 10.000 karakter+spasi. Terbit tiap Senin.
53. Redaksi Tabloid Keren Beken.
Email: aneka@indosat.net.id
Syarat naskah cerpen: Cerpen remaja, Min. 4 halaman komputer, Maks. 7 halaman folio, ketik 2 spasi. Sertakansurat pernyataan keaslian karya. Kirim dengan subjek FIKSI. Terbiat dua minggu sekali tiap Senin.
54. Redaksi Tabloid Teen.
Email: -
Syarat naskah cerpen: Cerpen teenlit, maks. 6 hal A4, ketik1,5 spasi. Kirim via pos ke: Redaksi Teen, Jl. Guru Mughni No. 2, Karet Kuningan, Jakarta Selatan 12940 Telp. 021 527 6325 Terbit tiap Sabtu, 2 Minggu sekali
55. Redaksi Top Idol.
Email: redaksi@topidolindonesia.,,,com
Syarat cerpen: cerpen teenlit, sekitar 5000 karakter (tanpa spasi?), 12 TNR, ketik 1,5 spasi, 1 hal. kertas A4, Surat Pernyataan Naskah Asli, sekitar 10.000 karakter+spasi. Terbit Tiap Senin, 2 Minggu sekali.
Alhamdulillah, Sekarang giliran penulis segera menyelesaikan karya-karyanya agar segera dikirim dan dimuat. Pesan kami kepada penulis untuk terus menggali ketekunan menulis, berpikir kreatif dan kembangkang imajinasi semewah-mewahnya.
NB: Sertakan Biodata Diri Penulis pada bagian footer (bawah) naskah karya yang akan dikirim ke redaksi, contoh; Nama Lengkap, Nama Pena, Tempat dan Tanggal Lahir, Tempat Tinggal sekarang, Nomor Telp Aktif, Email, Nomor Rekening, dan NPWP (jika ada), alangkah baiknya dibubuhi dengan Biografi singkat Penulis.
“Posting ini akan selalu di update setiap ada perubahan informasi dari Redaksi”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sepenggal Kisah Tentang Waktu

Video singkat yang menceritakan seorang gadis yang malas-malasan. Kehidupannya hanya diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Dia pun hampir setiap saat meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim yaitu sholat. Dia tidak pernah tidur ketika malam, bukan berarti untuk berdzikir dan bermujahadah pada Allah, tapi malah bermain game, dan melakukakan kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat. Lucunya ketika adzan subuh berkumandang, bak lagu merdu yang menina bobokan dirinya untuk tidur. Al hasil, dia tidak sholat subuh dan parahnya sepanjang paginya dia tidur sampai siang hari. Suatu ketika, di depan rumahnya dia melihat iring-iringan yang tak biasa. Bukan karnaval atau marching band, tapi keranda mayat yang berodakan manusia yang membawa jenazah. Hal ini membuat dia termenung sejenak memikirkan kalau hidup ini akan berakhir. Semua wejangan yang dulu pernah diberikan orang tuanya. Ia sadar kalau selama ini waktunya terbuang sia-sia, padahal Rasulullah SAW mengin

HAMIL DI LUAR NIKAH USIA REMAJA

       I.             PENDAHULUAN Cepatnya arus informasi dan semakin majunya tehnologi sekarang ini yang dikenal dengan era globalisasi memberikan bermacam-macam dampak bagi setiap kalangan masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali remaja. Teknologi seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, disatu sisi berdampak positif tapi di sisi lain juga berdampak negatif. Dampak posifitnya, munculnya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Sementara pengaruh negatifnya, masuknya pengaruh budaya asing seperti pergaualan bebas dan pornografi. Masuknya pengaruh budaya asing mengakibatkan adanya pergaulan bebas dan seks bebas yang kemudian mengakibatkan terjadinya fenomena hamil di luar nikah. Remaja merupakan generasi penerus yang akan membangun bangsa ke arah yang lebih baik, yang mempunyai pemikiran jauh ke depan dan kegiatannya yang dapat menguntungkan diri sendiri,keluarga,dan lingkungan sekitar. Namun, remaja sekarang ini banyak yang terjerumus ke dalam pergaulan