I.
Latar Belakang
Latar
belakang adalah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman
kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin
kita sampaikan. Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin
dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung. Beberapa
hal yang terdapat dalam latar belakang adalah:
1.
Kondisi ideal mencakup keadaan yang
dicita-citakan, atau diharapkan terjadi. Kondisi ideal ini biasa dituangkan dalam
bentuk visi dan misi yang ingin diraih.
2.
Kondisi aktual merupakan kondisi yang
terjadi saat ini. Biasa menceritakan perbedaan situasi antara kondisi saat ini
dengan kondisi yang dicita-citakan terjadi.
3.
Solusi merupakan saran singkat atau penawaran
penyelesaian terhadap masalah yang
dialami sebelum melangkah lebih lanjut ke pokok bahasan. (http://id.wikipedia.org, akses 21/11/2012)
II.
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi
atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan
kesuksesan jangka panjang. Singkatnya visi adalah impiannya.
Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus
dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Secara singkatnya misi
adalah cara untuk mewujudkannya.
Tujuan adalah Rangkaian hal yang hendak dicapai.
Intinya tujuan adalah hal yang ingin dicapai dalam misi untuk menjawab visi.
III.
Nama Majalah dan Jargon
Nama Majalah adalah identitas untuk majalah. Biasanya
nama majalah dibuat semenarik mungkin, masuk akal dan disesuaikan dengan
segmentasi pasar yang akan dibidik.
Jargon dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah
kosa kata yang khas yang dipakai dalam bidang kehidupan tertentu, lebih
menekankan pada kata-kata atau ungkapan rahasia dalam suatu bidang ilmu
tertentu. Intinya jargon merupakan ungkapan yang mencirikan atau yang member
kekhasan terhadap suatu majalah. Contoh jargon majalah missi adalah “Lugas
Dibaca pantas.”
IV.
Segmentasi & Target
Pasar
Segmentasi adalah memilah-milah pasar berdasar kategori
tertentu. Misalnya anda memilahnya berdasar usia, jenis kelamin, pendapatan,
pekerjaan, pendidikan, agama, gaya hidup, tempat tinggal, dan lain-lain.. ada tiga jenis segmentasi, yaitu:
1. Segmentasi demografis yang didasarkan
pada peta kependudukan, misalnya: usia, jenis kelamin, besarnya anggota
keluarga, pendidikan, jenis pekerjaan konsumen, tingkat penghasilan, agama,
suku, ras dan sebagainya.
2. Segmentasi geografis didasarkan pada
jangkauan geografis/tempat tinggal, misalnya: wilayah negera, provinsi,
kabupaten, kota dan desa.
3.
Segmentasi Psikografis berdasarkan gaya
hidup dan kepribadian manusia. Contohnya suka pada hal-hal baru, Memiliki tingkat akses
media yang tinggi, dan lain-lain.
Target adalah sasaran terperinci berdasar
segmentasi yang sudah ditentukan, maka kita memilih mana saja dari segmen itu
yang akan jadi sasaran produk kita.
V.
Rubrikasi
Rubrik adalah kepala karangan
(ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maupun majalah. Isi rubrik
merupakan pokok masalah yang dibicarakan dalam rubrik. Rubrik memuat isi dan
pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Isi rubrik merupakan hal
pokok yang dibahas dalam rubrik.
Rubrikasi adalah pembagian rubrik-rubrik dalam sebuah
majalah.
VI.
Karakteristik Majalah
Karakteristik majalah berisi hal-hal yang
berkaitan dengan majalah itu tersebut.
1.
Fisik : ini meliputi ukuran majalah, posisi
(portrait/landscape), tebal halaman, dan jenis kertas,
2.
Periode Penerbitan: meliputi nomor majalah,
edisi, waktu terbit, oplah, dan harga.
VII.
Susunan Redaksi
Susunan redaksi ini meliputi:
§
Bidang Umum
1.
Penanggung Jawab, bertanggung jawab terhadap
keseluruhan jalannya organisasi penerbitan, menentukan kebijaksanaan organisasi
secara eksternal.
2.
Pemimpin Umum, bertanggung jawab terhadap
keseluruhan jalannya organisasi penerbitan, menentukan kebijaksanaan internal
organisasi
3.
Pemimpin Redaksi, Bertanggung jawab atas
kebijakan dan strategi redaksional sesuai dengan nilai dan ideologi perjuangan
organisasi. Secara keseluruhan bertanggung jawab terhadap operasionalisasi
majalah baik jalannya produksi maupun isi majalah. Selain itu Pemimpin redaksi
bertugas merencanakan, mengkoordinasikan dan bertanggung jawab terhadap isi
materi majalah yang dibuat oleh staf redaksi
4.
Pemimpin Perusahaan, bertanggung jawab terhadap
kelancaran jalannya manajemen media layaknya sebuah perusahaan diluar bagian ke
redaksionalan.
§
Bidang Redaksional
1.
Pemimpin redaksi membawahi redaktur pelaksana
dan manajer produksi.
2.
Redaktur Pelaksana, bertanggung jawab
terhadap mekanisme kerja redaksi sehari-hari, yang membawahi redaktur
masing-masing. Sekaligus jadi editor.
3.
Staf redaksi bertugas mencari dan mengumpulkan
materi berupa berita, ilustrasi, foto. Ini meliputi wartawan, fotografer,
layoter, dan lain-lain.
VIII.
Alamat Redaksi
Alamat redaksi ini meliputi: Alamat kantor redaksi, website, email,
facebook, dan kontak redaksi.
IX.
Estimasi Dana
Estimasi dana adalah penghitungan kebutuhan biaya yang diperlukan untuk
dalam sebuah kegiatan produksi. Terdiri adari jumlah pemasukan dan pengeluaran yang
ada.
X.
Penutup
Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua
pihak dan permohonan saran dan kritik.
Contoh
Proposal Pembuatan Majalah
I.
Latar Belakang
Manfaat utama media tidak lain adalah sebagai informan tidak hidup yang
dapat memberikan informasi guna menambah wawasan. Setiap hari kita diterpa
ribuan informasi. Kita dituntut untuk selektif, kritis dan cerdas dalam memilih
maupun menggunakan informasi mana yang akan kita respon. Sayangnya, kenyataan
yang ada disekitar kita adalah semakin menurunnya daya pikir kritis masyarakat,
terutama pelajar. Ketertarikan mereka terhadap media kebanyakan bukan didasari
rasa ingin tahu terhadap informasi atau ingin menambah wawasan. Tetapi karena
untuk hiburan belaka. Kenyataan yang lain adalah, masyarakat kita masih lebih
menggemari membuka media maya seperti internet dan menonton televisi ketimbang
membaca.
Sebagai
muslim, kita patutnya tahu, membaca adalah kegiatan guna menjadi muslim
muslimah intelek yang beriman dan cerdas. Selain secara langsung diperintahkan
oleh Allah S.W.T dalam fiman-Nya Q.S Al-Alaq ; 1 ‘Iqra’ bismi rabbika
alladzii khalaq ‘ yang berarti ‘Bacalah, dengan nama tuhanmu yang telah
menciptakan’. Allah S.W.T telah jelas menyuruh kita untuk membaca dan
mengkaji segala sesuatunya diniatkan untuk ilmu dan beribadah. Karena membaca
sangat erat hubungannya dengan informasi dan ilmu, orang yang gemar membaca
cenderung dapat menjadi lebih unggul dari individu lainnya. Jika diterapkan
serempak pada lembaga pendidikan islam, sangat memungkinkan akan keluar
generasi cendekiawan muslim yang kian cerdas dan kompetitif. Bibit-bibit unggul
tersebut tidak menutup probabilitas meningkatnya kualitas muslim secara global.
Ironisnya,
pesatnya pertumbuhan media di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya
kepandaian membaca dan menulis, tingkat ‘literacy’ media pada masyarakat.
Masyarakat cenderung konsumtif terhadap media. Budaya melek media harus
dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya membaca tetapi juga
dengan berkarya dan memproduksi. Tidak hanya untuk para orang tua, guru
sekolah, dosen, tokoh agama atau para pembuat kebijakan, budaya melek media,
sikap kritis dalam mengkonsumsi media justru harus dimiliki oleh golongan yang
secara langsung menjadi penikmat dan sasaran utama media yaitu para pelajar dan
remaja.
Apa
yang telah dituturkan diatas menunjukkan kepada kita beberapa celah yang dapat
kita masuki dan ‘tambal’ dengan melakukan hal tertentu. Sebagai lembaga
pendidikan, kita butuh membentuk media sebagai wadah guna menciptakan suasana
yang menggambarkan minat baca tinggi, terlebih di kalangan remaja. Begitu
banyaknya ragam media di sekitar kita dengan berbagai macam rupa dan bentuknya.
Akan tetapi, semua media tersebut hanya dapat memberikan manfaat bagi kita yang
memanfaatkannya. Sedangkan, kecil kemungkinan untuk mempublikasikan karya para
siswa. Oleh karena itu, pembentukan majalah khusus remaja bersedia menerima
karya-karya remaja sangat perlu dibentuk.
II.
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi:
Terwujudnya
Remaja yang kritis, kreatif, inovatif dan positif
Misi:
1.
Menyajikan Info-info yang
bermanfaat dan sesuai kebutuhan remaja.
2.
Memberikan informasi, panduan serta tips-tips yang
dapat digunakan sebagai penunjang belajar siswa.
3.
Menyediakan ruang ekspresi dan apresiasi bagi siswa di
bidang tulis-menulis, fotografi, jurnalistik dan minat lainnya
Tujuan:
1.
Mampu menjadi media yang
menanpung aspirasi remaja.
2.
Mampu member
informasi-informasi yang memberi semangat untuk remaja.
III.
Nama Majalah dan Jargon
Nama
majalah yang akan diterbitkan yaitu Klop! dengan slogan “Barometer Info remaja”.
Dengan alasan nama ini mudah untuk diingat dengan jargon yang ringan.
IV.
Segmentasi dan Target pasar
1. Geografis
·
Propinsi
Jawa Tengah
2. Demografis
·
Jenis
Kelamin : Laki-laki
dan perempuan
·
Usia : 15 – 24
tahun
·
Strata
ekonomi keluarga : menengah ke atas
3. Psikografis
·
Suka
pada hal-hal baru.
·
Memiliki
tingkat akses media yang tinggi
·
Mengikuti
perkembangan teknologi komunikasi informasi
V.
Rubrikasi
Rubrikasi untuk majalah ini ditentukan dengan
mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan atas informasi apa yang diinginkan
pembaca. Berdasarkan fungsinya, rubrik-rubrik dalam Klop! berusaha memenuhi
fungsi informatif, edukatif dan menghibur.
Rubrikasi
majalah Klop! Berisi Laput, Lipsus, Sastra, Inovasi, Inspirasi, Mutiara Remaja,
Tips dan Trik, dan Profil.
VI.
Karakteristik Majalah
1.
Fisik
·
Ukuran Majalah :
270 x 210 mm
·
Posisi :
Tegak/Portrait
·
Tebal Halaman :
16 halaman
·
Jenis Kertas :
HVS 80 gr
2.
Periode Penerbitan
·
Nomor Majalah :
ISSN: 2463-2981
·
Edisi :
I/Desember 2010
·
Waktu Terbit :
Dua Minggu
·
Oplah :
500 eksemplar
·
Harga. :
Rp 7000,-
VII.
Susunan Redaksi
·
Penanggung Jawab :
·
Pemimpin Umum :
·
Pemimpin Redaksi :
·
Redaktur Pelaksana :
·
Editor :
·
Wartawan :
·
Fotografer :
·
Layoter :
VIII.
Alamat Redaksi
·
Sekertariatan :
·
Email :
·
Website :
·
Facebook :
·
Twitter :
·
Telp. :
IX.
Estimasi Dana
A. Pemasukan
Iklan Rp
2.000.000
Donatur Rp
1.000.000
Total
pemasukan Rp
5.100.000
B.
Pengeluaran
Biaya
Produksi
Biaya bahan dan cetak 500 eks Rp 1.500.000
Biaya non produksi
Biaya reportase Rp 400.000
Kesekretariatan Rp 250.000
Biaya promosi Rp 900.000
Peralatan Rp 100.000
Honor penulis Rp 500.000
Total Rp
2.150.000
Total Pengeluaran adalah Rp 3.650.000
X.
Penutup
Demikian proposal penerbitan majalah Klop! ini
kami susun. Kami yakin tanpa dukungan dari semua pihak, rencana mulia ini akan
sulit terwujud. Besar harapan kami majalah ini dapat terealisasikan sehingga
bermanfaat bagi masa depan generasi bangsa bangsa.
bar dadi pembicara nda...
BalasHapus