Senin, 14 Juli 2014

Ngaku Muslim kok Nggak bisa baca Alquran (Malu dong!)


Malem Gaes, lama sekali aku tidak menyambangi rumahku yang satu ini. entah beberapa bulan ini aku semakin disibukkan dengan tugas akhir perkuliahanku dan akhirnya malas menggoreskan kata di rumah yang membesarkan aku ini. hhaha. sudah banyak sekali kisah yang lama tak kubagikan kepadamu.

Malam ini tepat tanggal 17 Ramadhan, malam turunnya Alquran yang menjadi pedoman umat muslim di dunia. aku bersyukur sekali sejak kecil sudah diajari mengenal huruf Alquran dan alhamdulillah sekarang bisa membacanya, ya walaupun tidak sebagus dan sebaik yang lain. minimal aku tahu sedikit tentang tajwid dan mahraj dalam membaca Alquran, walaupun lagi-lagi kadang belum bisa diterapkan dengan baik, tapi aku selalu belajar.

Ngiri nggak sih kamu? kalau lihat anak-anak kecil di Hafidz Indonesia, dengan usia yang masih sangat belia mereka sudah bisa menghafal ayat Alquran. kerennya mereka ternyata juga tidak sedikit yang belum bisa membaca Alquran. belum bisa baca saja sudah hafal 1 Juz atau 2 Juz Alquran, kalau sudah bisa baca pasti bisa lebih.

Hal itu bisa jadi bahan renungan kita bersama gaes, kalau belajar mambaca Alquran itu sangat penting. apalagi Alquran ini adalah pedoman hidup kita dalam menjalani kehidupan. minimal kita bisa baca dan memahami artinya. syukur-syukur bisa menghafalkannya dan yang paling keren bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. dijamin sama Allah kalau kita bakal hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Buat kamu yang belum lancar baca Alqurannya jangan malu buat belajar, meski sudah gede, kan dalam Islam tidak menutup kesempatan buat belajar buat siapa saja, karena belajar itu dari kita lahir di dunia sampai kita meninggal dunia. jadi jangan ragu dan malu buat menggali ilmu sebanyak-banyaknya.

Aku pernah belajar dari teman dekatku, kebetulan dia hafidz. menurutnya membiasakan membaca Alquran akan membuat hati kita tenang. dan sangat baik mengawali hari dengan ayat-ayat Allah, agar hari-hari kita mendapatkan ridho-Nya. istilahnya, kalau kita membaca Alquran di pagi hari, itu akan mengingatkan kita dalam melakukan kegiatan hari itu.

semoga Ramadhan kali ini bisa menyadarkan kita, sebagai bulan untuk instropeksi diri menjadi insan yang labih baik. semakin beriman kepada Allah, mengimani malaikat-malaikatnya, mencintai kitab-kitab Allah, bangga dan mengikuti jejak-jejak kebaikan para Rosul, selalu ingat kepada Hari Kiamat yang selalu menambah keimanan kita dan menerima qodha dan qodar Allah dengan lapang dada dan selalu ikhtiar dan berdoa meminta ridho-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar