Langsung ke konten utama

Tien2 Vs Sangkuriang

Selamat Pagi Guys...

Di pagi secerah dan setenang ini aku baru saja bangun dari mimpi burukku. tepatnya karena aku nggak bisa tidur semaleman gara-gara mikirin proposal penelitian setelah bisa tidur sekitar pukul 2 dini hari, itu proposal malah dateng dalam mimpi. jadi nggak bisa bayangin besok kalau udah waktunya buat skripsi, bisa-bisa aku nggak tidur setiap malam. hhhaha (lebay bin alay)

ceritanya berawal dari sini nih...clik
Bebebku (panggilan sayangku sama temen sekamarku).  Dia dapat tugas penting dari negara buat ikut penelitian mewakili Fakultas kita, namun sayang sungguh sayang, dia tidak bisa melanjutkan tugasnya karena beberapa alasan krusial yang nggak bisa ditinggalkan. sudah setengah perjalanan sebenernya proposalnya (sayang banget ya beb). Al hasil dia ngomong ke aku kalau coba aku menggantikan dia buat penelitian ini. tadi nya sih aku emang pingin dan tertarik banget buat ikutan ini beberapa hari lalu saat lihat suratnya. tapi ternyata delegasinya cuma dua, buat dia sama temenku satu lagi. ya aku pikir sudahlah, ntar masih ada kegiatan kaya gini lagi palingan.

eh, tiba-tiba temenku kena musibah dan dia menganjurkan aku buat ikutan penelitian ini. waktu pengumpulan hari minggu, hari ini tepatnya. sedangkan kemarin sabtu aku dapat mandat itu (cie... kaya pejabat kerajaan aja). aku ngomong "Ya tak coba dulu beb, waktunya mepet banget soalnya, hhe".

setelah terjadi percakapan tadi, akhirnya aku memutar balikkan, mengocok-ngocok sampai memeras otak buat berpikir aku mau meneliti apa ya? temanya jelas tentang "Integrasi Sains dan Agama", berat juga temanya, apalagi spesialisku bukan hal-hal yang seperti ini. tapi pertama optimis dulu. oke dah capcussss....

aku sms ke dosen sekaligus udah kuanggep mbakku sendiri. aku tanya kira-kira kalau aku mengambil judul seperti ini gimana, metodenya kaya gini, dan bla..bla,,,bla lainnya. ya sudah akhirnya aku dapet ide itu. tapi bentar aku nggak langsung ngerjain itu. aku juga nggak mau ketinggalan momen bedah antologi cerpennya Amanat, tetangga LPM. so, sabtu siang aku belum ngapa2in cuma baru dapet ide judul.

sore sekitar habis asar acara belum selesai tapi kita (karena aku berbanyak dengan teman-teman LPM MISSI) pamit pulang dulu. sudah keluar, aku nggak langsung ke kos. aku masih menunggu temenku tambal ban bocor, kita juga sholat dulu di Masjid Kampus 1.

jreng---jreng...jreng...
aku sampai kos pukul 16.40an. mulai lah aku mengambil si lepy ijoku. treng... udah kubuka, ada bunyi sms tu. siapa ya?

maaf salah itu bukan cowokku, tapi sms dari pak Sekjen PPMI. nanti malem ada rapat koordinasi PPMI DK Semarang jam 8 malem habis isya'. diriku galau, ikut nggak ya, ikut nggak ya... akhirnya aku ikut juga. sebelum berangkat aku baru menyusun penulisannya doang dan itupun dengan tema yang sudah kuganti setelah dapat ide di jalan.

beberapa temenku saat rapat aku tanya, kira-kira kalau aku meneliti ini gimana? berbagai respon muncul dan membuatku tambah bingung, ya sudahlah, aku tinggalin aja nih proposal.

Pukul 22.10, aku pulang ke kos. kumulai lagi bercinta dengan cintaku, si ijo. "Gimana Jo, udah selesai proposalnya?" candaku biar nggak pusing. hhehe
tapi kertas Ms.Word-ku masih kosong.

kuberalih ke kertas manualku. kucoba berpikir sistematis. integrasi berarti kaya penggabungan, sains itu ilmu pengetahuan dan sebagai terapan ilmu pengetahuan ada teknologi. sedangkan agama bisa cara memahami, memaknai ataupun mengajarkan agama. akhirnya untuk kesekian kalinya kau putuskan judulku ini, yaitu "Pengaruh Dakwah Digital Terhadap Motivasi Beragama Remaja". aku berpikir waktu itu, kalau remaja-remaja yang punya seambreg alat atau media digital ketika mendapatkan tauziyah ataupun pesan-pesan dakwah bagaimana sikap mereka. apakah mereka terpengaruh untuk melakukan pesan baik itu??

dengan yakin aku mulai mengerjakan itu. tapi lagi-lagi ingat besok deatline. dan ini deatline proposal bukan berita yang mungkin lebih mudah karena memang itu bidangku. aku juga tak punya bukunya, aku coba searching di google book juga minim dan tak kutemukan yang kucari.

aku mencoba mencari cara lain sampai akhirnya aku tertidur karena mamang capek sekali badanku. aku kaget melihat jam pukul 3.35 dini hari. dan akhirnya aku angkat tangan aja lah, aku sms temenku buat minta maaf nggak bisa menggantikan dia di penelitian ini. #maaf ya beb, aku udah berusaha buat tapi emang nggak segampang nulis fiksi yang sekali duduk bisa selesai ternyata.

penelitian ini nggak lantas akan ku-delete atau kubuang begitu saja. akan ku-save barang kali ini bisa jadi calon skripsiku.



kesimpulan terakhir, kalau Sangkuriang masih sedikit lebih baik daripada aku. ya walaupun sebenernya aku ataupun sangkuriang bisa mengerjakannya dengan tepat waktu. karena dia ditipu oleh ibunya dengan mempercepat pagi. sedangkan aku, walaupun waktu tidak dipercepat tetap saja nggak selesai-selesai dan malah nulis curhatan ini. hhehe...

pelajaran yang bisa diambil dari kisahku, jangan buang-buang waktu dan harus fokus.

_Semoga Bermanfaat_

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAMIL DI LUAR NIKAH USIA REMAJA

       I.             PENDAHULUAN Cepatnya arus informasi dan semakin majunya tehnologi sekarang ini yang dikenal dengan era globalisasi memberikan bermacam-macam dampak bagi setiap kalangan masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali remaja. Teknologi seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, disatu sisi berdampak positif tapi di sisi lain juga berdampak negatif. Dampak posifitnya, munculnya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Sementara pengaruh negatifnya, masuknya pengaruh budaya asing seperti pergaualan bebas dan pornografi. Masuknya pengaruh budaya asing mengakibatkan adanya pergaulan bebas dan seks bebas yang kemudian mengakibatkan terjadinya fenomena hamil di luar nikah. Remaja merupakan generasi penerus yang akan membangun bangsa ke arah yang lebih baik, yang mempunyai pemikiran jauh ke depan dan kegiatannya yang dapat menguntungkan diri sendiri,keluarga,dan lingkungan sekitar. Namun, remaja sekarang ini banyak yang terjerumus ke dalam pergaulan

Sepenggal Kisah Tentang Waktu

Video singkat yang menceritakan seorang gadis yang malas-malasan. Kehidupannya hanya diisi dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Dia pun hampir setiap saat meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim yaitu sholat. Dia tidak pernah tidur ketika malam, bukan berarti untuk berdzikir dan bermujahadah pada Allah, tapi malah bermain game, dan melakukakan kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat. Lucunya ketika adzan subuh berkumandang, bak lagu merdu yang menina bobokan dirinya untuk tidur. Al hasil, dia tidak sholat subuh dan parahnya sepanjang paginya dia tidur sampai siang hari. Suatu ketika, di depan rumahnya dia melihat iring-iringan yang tak biasa. Bukan karnaval atau marching band, tapi keranda mayat yang berodakan manusia yang membawa jenazah. Hal ini membuat dia termenung sejenak memikirkan kalau hidup ini akan berakhir. Semua wejangan yang dulu pernah diberikan orang tuanya. Ia sadar kalau selama ini waktunya terbuang sia-sia, padahal Rasulullah SAW mengin